Ada kesalahan di dalam gadget ini

Recent Posts

Entri Populer

Senin, 22 Februari 2010

Chinatown, Tujuan Wisata Yang Mengasyikkan (I)

Masih dalam suasana Tahun Baru Imlek, rasanya pas kalau saya menyajikan tulisan mengenai sesuatu yang berhubungan dengan kebudayaan dan tradisi orang-orang China. Lebih tepatnya, tempat kediaman – komunitas – China di seluruh dunia, yang dikenal dengan sebutan Chinatown. Artikel ini ditulis oleh Yunita Liangtyas yang diterbitkan di majalah Bulevard. Artikel saya bagi menjadi empat bagian karena panjangnya artikel ini bila disajikan dalam sekali posting.

Hampir semua kota besar di dunia mempunyai satu daerah tempat komunitas masyarakat keturunan China tinggal dan beraktivitas, yang lazim disebut Chinatown. Semua wilayah Chinatown ini memiliki kekhasan yang sama, yaitu arsitekturnya (terlihat dari lengkungan pada atap, pintu, dan jendela), dekorasi eksterior, dan papan-papan penunjuk yang memiliki dua bahasa. Belum lagi bangunan-bangunan khas seperti klenteng dan kuil pemujaan dewa-dewi China, restoran-restoran yang menebarkan aroma yang menggugah selera, dan toko-toko kecil yang menjual pernak-pernik khas China.
Karena keunikan inilah, kebanyakan Chinatown di dunia saat ini tidak hanya merupakan tempat tinggal dan lokasi usaha, namun juga dijadikan tujuan wisata bagi turis yang datang ke kota tempat Chinatown itu berada. Seperti Chinatown di beberapa kota besar di seluruh dunia berikut ini.

Sydney, Australia

image Area Chinatown di Sydney sangat khas dengan tampilan arsitektur oriental, terlihat dari desain pintu gerbangnya sampai ke beraneka hiasan yang terpajang di sepanjang jalan. Chinatown diapit oleh George Street di sisi sebelah kiri dan Darling Harbour di sebelah barat. Jangan lewatkan untuk mengunjungi ikon Chinatown Sydney berupa sebuah pohon mati berlapis emas bernama Golden Water Mouth, atau Chinese Garden of Friendship, yang merupakan 'hadiah' dari sister city Sydney di China, yaitu kota Guangzhou.




Panduan Menginap
Rydges World Square Hotel Sydney. Dikelilingi oleh berbagai macam obyek pariwisata yang menarik, tak heran jika hotel ini banyak peminatnya. image


Great Southern Hotel. Anda yang menyukai akomodasi dengan desain bernuansa art deco yang klasik, pasti akan menyukai hotel ini.


Radisson Hotel & Suites Sydney. Lokasinya yang berada di 'halaman' Chinatown, membuat anda memiliki akses tak terbatas ke wilayah ini.




Panduan Kuliner
Golden Century Seafood Restaurant. Berbagai sajian masakan  seafood ala Chiimagena akan anda dapatkan di restoran pemenang berbagai penghargaan ini.


East Ocean Restaurant. Silakan anda kunjungi jika anda ingin merasakan nikmatnya variasi hidangan cha terbaik di Sydney.


Cho Dumpling King. Walau menu andalan dumpling sudah ditiadakan, namun menu-menu lainnya tetap digemari banyak orang.


Panduan Belanja
image Paddy's Market. Pasar tradisional terbesar di Sydney ini terletak di lantai bawah gedung Market City. Beragam produk khas China dijual di sini.


Chinatown Friday Night Market. Dipenuhi oleh lebih dari 100 kios yang menjual bermacam-macam barang, pasar malam ini jadi hiburan yang sangat digemari oleh msyarakat Sydney.

 

World Square. Jika ingin berbelanja dengan suasana yang nyaman dan tenang, pusat perbelanjaan modern ini bisa menjadi pilihan anda.

 

Related Articles :


Chinatown, Tujuan Wisata Yang Mengasyikkan (II)    
Chinatown, Tujuan Wisata Yang Mengasyikkan (III)   
Chinatown, Tujuan Wisata Yang Mengasyikkan (IV)

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Related Websites

Berlangganan Artikel

Subscribe in a reader

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Add to Technorati Favorites Checkpagerank.net

Ads

Website counter

Link Exchange

My Banner
minibannerayojalanjalan



My Text Link