Ada kesalahan di dalam gadget ini

Recent Posts

Entri Populer

Sabtu, 15 Agustus 2009

Bali Surga Wisata

COVER1 Bali  sudah tak asing lagi di telinga kita, khususnya para wisatawan. Mumpung kita akan berlibur panjang (libur lebaran), tidak ada salahnya mulai mempersiapkan diri dan merencanakan mau kemana liburan kali ini. Apalagi tempat-tempat wisata favorit seperti Bali pasti akan ramai sekali dengan pengunjung. Nah bagi anda yang ingin berlibur ke Bali, sebaiknya mulai merencanakan dalam waktu dekat ini. Mulailah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tujuan anda berlibur kali ini, terutamanya adalah obyek wisata yang akan dituju dan tentunya hotel atau penginapan. Jangan sampai kita tidak kebagian hotel, bisa berantakan rencana berlibur ke Bali. Mengenai hotel anda bisa mencari infonya di internet. Sedangkan yang saya tampilkan pada artikel kali ini adalah mengenai beberapa obyek wisata di Bali.

Pulau Dewata adalah salah satu “surga” bagi banyak pasangan muda sebagai tempat berbulan madu. Banyak lokasi-lokasi eksotis di sana, baik di kawasan pinggir pantai maupun di wilayah pegunungan, bisa membangkitkan suasana romantis yang tak terlupakan.

Pulau Bali memliki panjang sekitar 153 km dan lebar 112 km. Dengan luas 5420 km persegi dan berpenduduk kurang lebih 3,38 juta penduduk. Jaraknya sekitar 3 km dari ujung timur Pulau Jawa.

Untuk menuju Bali, kita dapat melakukan perjalanan lewat darat, laut, atau udara. Transportasi udara merupakan pilihan utama para wisatawan dari luar pulau. Menggunakan pesawat terbang, wisatawan turun di Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar (Bali). Dari bandara, tak ada yang jauh untuk mencapai obyek-obyek wisata di  pulau ini, dapat ditempuh dalam waktu sekitar setengah sampai satu jam perjalanan.

Kita tentu sepakat kalau Bali  itu romantis. Kita biasanya berkeinginan kembali lagi, walau sudah pernah ke sana.image

BALI Satu Pulau Banyak Tujuan

Banyak obyek wisata bisa dikunjungi di Bali. Mulai dari wisata pantai, hingga pegunungan.

Berikut kami tampilkan beberapa obyek-obyek wisata yang dapat dikunjungi selama di Bali.

image

Pantai
_MG_2698 Pantai Kuta. Tak asing di telinga. Pantai memiliki suasana khas, banyak dipilih wisatawan sebagai tujuan wisata. Di sepanjang jalan di tepi pantai terdapat banyak kafe, restoran, dan hotel. Pantai yang paling terkenal di Bali. Wisatawan yang berlibur di Bali tidak akan pernah lupa untuk berkunjung ke pantai Kuta, terutama pada saat matahari akan terbenam. Pantai Kuta merupakan salah satu tempat di Bali untuk melihat panorama terbenamnya matahari selain Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot atau pantai Jimbaran. Dapat kita bayangkan setiap hari terutama pada sore hari pantai Kuta akan penuh dengan wisatawan domestik maupun mancanegara, menantikan matahari terbenam, berenang, atau sekedar jalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Yang membuat pantai ini juga terkenal adalah ombaknya yang cukup tinggi untuk melakukan olah raga air terutama berselancar (surfing). Tidak heran kalau di sepanjang pantai dapat dengan mudah kita menjumpai papan selancar yang disewakan.
Pantai Legian dan Seminyak. Pantai berpasir putih. Terletak di utara pantai Kuta, pantai ini memberikan nuansa yang sama dengan pantai Kuta. Hanya saja karena lokasinya agak jauh dari pusat Kuta, pengunjung pantai Legian dan Seminyak tidak sebanyak di pantai Kuta. Namun tidak ada salahnya kalau anda suka tempat yang tidak terlalu ramai, pantai ini merupakan pilihan tepat untuk sekedar duduk-duduk menikmati suasana sore pantai Legian dan Seminyak.
Nusa Dua. Berada di bagian selatan pulau Bali. Di sini ada kompleks hotel berbintang. Pantai cenderung lebih rimbun dengan pepohonan, sehingga terasa lebih sejuk.
DSC00324 Jimbaran. Pasir pantai berwarna putih. Pantai yang indah dengan pemandangan yang agak berbeda dengan pantai Kuta, Legian atau Seminyak kecuali panorama matahari terbenamnya. Di sini merupakan salah satu pusat perkampungan nelayan di Bali. Terlihat di kejauhan banyak perahu tradisional sedang menangkap ikan dan juga ada perahu tradisional yang disewa oleh para wisatawan yang berselancar karena ombak yang ideal untuk berselancar letaknya agak jauh, bukan di pantai seperti halnya pantai Kuta. Di ujung utara pantai Jimbaran ada pasar ikan yang menjual berbagai jenis ikan segar. Pantai Jimbaran juga sangat terkenal dengan restorannya dengan menu khas masakan laut. Ada sekitar 24 restoran di pantai Jimbaran yang tidak pernah sepi dengan pengunjung yang ingin menikmati hidangan masakan laut sekaligus panorama pantai yang indah. Ketika malam menjelang, wisatawan dapat menikmati seafood di sepanjang pantai. Santapan rata-rata dapat dinikmati seharga Rp. 50.000 – Rp. 100.000 per orang. Selain seafood, ada kegiatan lain yang bisa dilakukan jika menginap di Jimbaran. Bagi anda yang membawa anak, bisa saja berjalan ke sebuah pabrik keramik. Di sana anda bisa ikut kegiatan melukis di atas keramik.
Dreamland. Pantai ini berada di Desa Pecatu, Kabupaten Badung, yang terletak di bagian selatan Pulau Bali. Anda dapat mencapai pantai ini sekitar 30 menit dari Pantai Kuta ke arah Jimbaran. Pantai yang masih asri dan alami ini terletak di ujung selatan Badung Selatan. Anda akan menjumpai pantai ini dalam perjalanan menuju pura terkenal di Bali yaitu Pura Uluwatu. Dalam perjalanan ke dreamland, ada Garuda Wisnu Kencana. Di daerah ini pemandangan alam begitu eksotis. Jika ingin mencari pengalaman lain, area ini layak dikunjungi. Pantai yang indah dengan ombaknya yang tinggi. Setiap hari kita akan melihat para surfer atau peselancar lalu lalang menuju ketiga tempat ini untuk menyalurkan hobi mereka.
_MG_2323 Lovina (Singaraja). Jika ingin berenang bersama lumba-lumba, di sinlah tempatnya. Singaraja berada di pantai utara Bali. Dapat dicapai dari Ngurah Rai sekitar tiga jam perjalanan.
Nusa Lembongan. Merupakan pulau kecil di kawasan kepulauan Nusa Penida. Obyek wisata ini dapat dinikmati antara lain, dengan mengikuti paket wisata ke Nusa Lembongan. Tersedia berbagai jenis paket yang dapat diikuti selama sehari penuh.
Pantai Sanur. Daerah Sanur merupakan daerah/desa wisata pertama yang berkembang di Bali, dan sampai saat ini kita masih dapat melihat dan merasakan suasana damai pedesaan dibandingkan dengan daerah wisata yang lain. Pantai Sanur merupakan pantai yang landai yang sangat ideal untuk berenang, bermain atau sekedar berjalan-jalan mencari kerang laut terutama pada saat air surut kita bisa berjalan sampai jauh ke dalam sekitar 400 meter dari bibir pantai.
BENOA13 Pantai Tanjung Benoa. Pantai ini sangat terkenal dengan aktivitas olah raga airnya seperti parasailing, windsurfing, glass bottom boat, waterskiing, jet ski dan masih banyak lagi. Dan kalau anda ingin mengunjungi pulau penyu, dimana kita bisa melihat banyak tempat penangkaran penyu, aktivitas tersebut umumnya dimulai dari Pantai Tanjung Benoa dengan menggunakan boat yang bagian bawahnya terdapat kaca sehingga dengan mudah kita bisa melihat biota laut.
Pantai Candi Dasa. Sekitar 2 jam perjalanan menuju timur pulau Bali, anda akan menjumpai daerah wisata yang cukup terkenal yaitu Candi Dasa dengan pantainya yang mempesona. Kegiatan yang umumnya dilakukan di daerah ini adalah snorkeling dan diving.
Pantai Amed dan Tulamben. Merupakan pantai berpasir hitam dan berbatu. Tidak banyak yang bisa kita lakukan di sepanjang pantai ini karena sangat kering dan berbatu, namun pemandangan bawah lautnya sangat menawan dan juga keramah-tamahan penduduk lokalnya membuat pantai ini banyak dikunjungi wisatawan.

image

Pegunungan
Gunung Batur. Ada obyek wisata berupa kawah, kaldera, dan danau. Di sini terdapat beberapa aliran air dalam tanah yang mengalirkan air danau Batur ke beberapa sumber mata air di Bali. Obyek wisata yang ada, antara lain, danau Batur dan Trunyan. Gunung Batur berada di Kecamatan Kintamani. Obyek ini ramai dikunjungi wisatawan sekitar bulan Agustus, Desember, dan menjelang pergantian tahun.
Monkey Forest. Hutan yang dipenuhi ratusan monyet ini ada di Ubud. Hutan terletak di tengah-tengah Ubud. Meski monyet-monyet cukup jinak, anda harus tetap waspada. Beberapa monyet suka agresif dan mengambil barang milik anda.
Bali Safari & Marine Park. Merupakan taman safari sekaligus area konservasi di Bali. Seperti halnya taman safari di Indonesia, Bali Safari & Marine Park menyuguhkan konsep wisata bersama antara hewan buas dan hasil penangkaran. Yang membuatnya unik, lingkungan taman safari ini memiliki elemen khas Bali. Di sini anda bisa berfoto bersama singa dan harimau. Jika mau, anda dapat bercanda dengan kedua hewan buas itu.
Bird Park. Di taman burung ini ada 1000 burung dari 250 spesies yang berbeda. Selain itu, ada lebih dari 2000 tanaman dan 50 jenis palem yang menarik bagi kupu-kupu.
 IMG_2511Bedugul. Dalam sebuah area yang kurang lebih berdiameter 5 km, ada beberapa macam tempat yang asik buat dikunjungi. Dimulai dari Desa Bedugul sendiri, Kebon Raya, lalu Danau Beratan (danau terbesar kedua di Bali), Pura Ulun Danu, sampai Pasar Tradisional Candi Kuning. Kebon Raya yang ada disini lumayan luas. Danau Beratan airnya segar, kita bisa menyewa kendaraan air yang bisa dibawa sendiri atau sekalian dibooking dengan pengemudinya. Kendaraan airnya sendiri beragam. Ada perahu dayung, perahu mesin sampai motor boat. Pasar Candikuning adalah tempat yang cocok buat beli oleh-oleh terutama buah. Bedugul dikenal akan produksi buahnya yang beraneka ragam. Ada strawberry, jagung, markisa, dan masih banyak yang lainnya.

 

Sebagai sebuah pulau yang telah terkontaminasi berbagai macam kebudayaan, Bali tetap memegang teguh adat istiadatnya. Menurut filosofi yang dianut masyarakat Bali, kedinamisan dalam hidup akan tercapai apabila terwujudnya hubungan yang harmonis antara aspek pawongan, palemahan, dan parahyangan. Untuk itu, pembangunan sebuah rumah harus meliputi aspek-aspek tersebut atau yang biasa disebut “Tri Hita Karana”. Salah satu wujud untuk mencapai kedinamisan itu, masyarakat Bali memiliki konsep arsitektur rumah yang memperhatikan keseimbangan.

Palemahan berarti harus ada hubungan baik antara penghuni rumah dan lingkungannya. Rumah Bali mengikuti aturan Asta Kosala Kosali, yaitu bagian Weda yang mengatur tata letak ruangan dan bangunan. Aturan ini seperti fengshui dalam budaya China.

Pada umumnya, bangunan atau arsitektur tradisional daerah Bali selalu dipenuhi hiasan, berupa ukiran, peralatan serta pemberian warna. Ragam hias tersebut mengandung arti tertentu sebagai ungkapan keindahan simbol-simbol dan penyampaian komunikasi. Bentuk-bentuk ragam hias dari jenis fauna juga berfungsi sebagai simbol-simbol ritual yang ditampilkan dalam patung.

Obyek-obyek wisata yang sudah diceritakan di atas baru sebagian saja dari tujuan wisata di Bali. Mudah-mudahan berguna, ya. Jadi bagaimana? Sudah menentukan pilihan mau kemana liburan kali ini?

Source : Majalah iDea Edisi Khusus Resor II 2008, www.TourKeBali.com, http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/169-pantai-dreamland-bali.html

1 komentar:

Sewa Mobil mengatakan...

Memang kalau kita bicara tentang bali akan tidak ada habisnya. Met senang-senang. Btw, sudah pernah coba ke Jogja Pak

Poskan Komentar

Follow Me

Related Websites

Berlangganan Artikel

Subscribe in a reader

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Add to Technorati Favorites Checkpagerank.net

Ads

Website counter

Link Exchange

My Banner
minibannerayojalanjalan



My Text Link